Jengkol Deui..Jengkol Deui...


Jengkol  deui, jengkol deui.. itu koment temen aku pas aku upload di FB, masakanku hari ini. Iya jengkol. Abis My Hubby and the boyz suka banget dan jadi selera makan kalo aku masak jengkol…
Ini dia resep rendang jengkolku…

Jengkol 60 butir
Sama 2 kg kerang yang belum dikupas.

Bumbu rendang (heheheh, praktis kan??) tinggal nambahin bawang merah, bawah putih di blender, kira kira bawang merah nya 7 siung, bawang putihnya 4 siung.

Satu butir tomat, iris
Gula merah sedikit aja
Garam secukupnya

Santan kental kira kira  700 ml.

Caranya :
  1. Cuci bersih kerang, udah gitu rebus, kalo pas ngerebusnya airnya gak usah banyak-banyak, soalnya .. emmm, kerang kan nyimpen aer, duh apa sih ya penjelasannya?? Pokoknya airnya gak usah banyak banyak, nti meluap di kompor, udah gitu cuci kerang harus ekstra hati-hati, karena di dalam kerang tuh suka ada pasir pasir, atau kepiting kecil yang bikin sakit perut, merebus kerang kira kira cumin 15 menit dengan api sedang.. oiya, kalo beli kerang pilih yang masih segar dan masih ada rumahnya, kalo yang udah bukaan gitu takutnya ngga fresh lagi, kalo yang segar, rumahnya tuh kebuka separuh, enggak nutup semua… (heehehhehe)
  2. Jengkol dikupas, udah gitu rebus deh, aku sih pake panci presto, itu tuh panci yang buat ngerebus daging, heheheh, ceepet matengnya udah gitu jengkolnya jadi empuuuuuukkkkkk, kira kira rebus selama 20 menit aja ya, kalo enggak mau bau, bisa masukin daun salam 5 lembar ke dalam air rebusannya, tapi kalo suami aku protes kalo aku pakein daun salam, katanya “Makan jengkol itu asiknya karena baunya, kalo gak bau, bukan jengkol namanya...” hehehehehe bener juga si Papah ini, jadi kalo aku ngerebus jengkol engga pake apa apa, biarin bauuu...
  3. udah direbus jengkol, kalo bisa di penyetin lagi di cobek/gililang cabe, biar meresap bumbunya kalo dimasakkk....
  4. ya udah, tumis bawang merah dan bawang putih sampe haruuum, udah gitu masukin bumbu rendang, tumis tumis, masukin tomat, gula merah, garam... terus masukin kerang ama jengkol, biarin bumbunya meresappp, lalu baru siran deh pake santen. Udah beresss tinggal nunggu mateng, aduk sekali sekali supaya rendang nya gak lengket di wajan....

gampang kan??
Tapi ribeeeet bikinnya, lama... proses mbersihin kerang ama menyet menytin jengkolnya!!!
Tapi puas deh kalo suami jadi tambah tambah makan.. heheheh
Oiya mengenai bumbu rendang, kalo di sini nih, cari di pasar tradisional, pasti banyak tukang bumbu bertebaran, aku udah punya tukang bumbu langganan, karena udah berkali kali diuji, bumbu dia selalu paling enak, bumbu rendang Rp.2.000 udah lengkap tinggal nambah bawang merah and putih aja, kan praktisss... kalo gak di tempat langganan rasanya jadi anehhh.. heheh terimakasih tukang bumbu!!! Hehehehhehehe

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CAFE 339 - PEMATANGSIANTAR

Dapet Hadiah..