Bento Lucu..

udah beberapa minggu ini sih, rasanya ngiler banget kalo liat bento
ini sejarah bento :
"Bento" adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk "makanan (bekal) dalam kemasan yang praktis". biasanya bento berisi nasi, lauk pauk, daging dan sayur. semuanya diatur dengan rapi sehingga enak dilihat dan mengundang selera makan.

Sejarah bento
Cikal bakal bento di Jepang, berasal dari zaman Kamakura (1185-1333). saat itu orang Jepang mengenal hoshii-ii atau nasi kering. Hoshii-ii bisa dimakan begitu saja, bisa juga direbus dahulu dalam air sebelum dimakan. Hoshii-ii ini dibawa dalam sebuah tas kecil.
Pada jaman Edo (1603-1867), makanan bekal yang disebut bento berkembang pesat. kali ini, sudah ada aturan khusus untuk memasak dan membuatnya, lalu wadahnya berupa kotak dari anyaman bambu.
Pada jaman Meiji (1868-1912), orang Jepang mulai menjual bento di stasiun kereta api. Bento ini disebut juga "ekibento" atau "ekiben".


Menghilang dan hadir kembali

Bento mulai menjadi barang mewah pada jaman Taisho (1912-1926). sebab, wadahnya adalah kotak alumunium yang mengkilat dan mudah di bersihkan. sayangnya, hal ini malah menghentikan perkembangan bento. ada gerakan sosial yang menolak bento. bento dituding sebagai alat untuk memamerkan kekayaan. perlahan-lahan, bento hilang dari peredaran. sebaliknya, kantin dan kafetaria semakin berkembang.

Bento kembali hadir dalam masyarakat Jepang pada tahun 1980-an. kali ini wadahnya adalah kotak plastik sederhana. penampilannya tidak mencolok dan harganya tidak terlalu mahal sehingga kehadirannya bisa diterima oleh banyak orang.
nah ini penampakan bentonya...

lucu lucu   kaann??
tapi kayaknya alatnya mesti segambreng dan bikinnya pake acara laaamaaa...
mungkin kalo saya bukan ibu pekerja (Hah? say it again..) dan hanya full mom mungkin bisa tiap pagi bikin bento buat Ara...

tapi nanti dicoba aja ya, karena selain bentuknya asik, lucu, dan barangkali bisa meningkatkan selera makan Ara.. betuuull... 
apalagi selama ini Ara jarang makan sayur (seperti saya) mungkin dengan bento yang lauknya macem - macem dia jadi mau makan sayur.

tapi disini belum ada tuh kayaknya yang jual peralatan bento, mesti beli online... nanti deh, kalo ada uang lebih... atau nitip beli ama Kakak di Jakarta?? 

ini dia alat-alatnya :




tapiii. yang jelas.. peralatannya itu lumayan juga harganya..
tapi lucu-lucu kaan.. foto foto diatas diambil dari beberapa blog yang membahas bento.

aduuh jadi pengeeeenn...
saya juga heran ya, saya ini tidak terlalu enjoy memasak atau urusan dapur lainnya, tapi kayaknya kok kepengen banget ya, kalo suatu saat nanti, punya dapur yang gede, bikin makanan yang yummy o buat my Hon sama Ara, terus bikin makanan buat ultah Ara, atau pesta kecil-kecilan dengan menu yang asikk...
ah, terlalu banyak menghayal sayaa......

tapi enggak papa kan, kalo emak emak kayak saya juga punya cita-cita??




Komentar

  1. Buat bento mudah loh mbak, hiasnya aja kali ya yang ribetnya naudzubillah. Menunya juga simpel-simpel kok :) sayurnya biasanya cuma lobak & wortel yang diparut trus dikasiin mayonise, lauknya biasanya nuget atau telur aja :)

    BalasHapus
  2. betulkah>?
    heheh tapi kayaknya ribet banget.. baiklah, nanti akan saya coba pada tahun ajaran baru.. heheheheh, Ara lagi libur, tapi nanti pasti saya bikin buat dia, makasiih yaaa... :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CAFE 339 - PEMATANGSIANTAR

Jengkol Deui..Jengkol Deui...

Dapet Hadiah..