Bronchitis..

ah, mau cerita sedikit..

masih inget Ara yang sering banget batuk? batuk, minum obat, sembuh, tiga-empat minggu kemudian kambuh lagi, batuk, diobati, sembuh, dan batuk lagi... tapi kayaknya, kemaren yang paling parah, saya sebenernya bukan engga mau ngajak dia berobat, tapi aktivitas dia selaama ini tidak terganggu, nafsu makan biasa cenderung malah lebih naik dibandingkan ketika dia balita dulu, BB juga naek terus, tidak disertai demam, tapi yaa... yang kali ini memang agak parah batuknya, akhirnya kami bawa dia pergi berobat ke dokter anak, u know, saya masih belum sreg ama dokter yang satu ini, meski kayaknya lebih bagusan dikit daripada dokter anak waktu ara masih batita, tau kan dokter di Indonesia ini kadang suka sok ngasih dosis obat yang kadang terlalu berlebihan buat anak, makanya saya malas..

tapi kemaren akhirnya pergi juga, terus dokter nanya, udah berapa hari batuknya, saya bilang 3 harian, mm, kami minta surat aja deh dok, biar bisa di rontgen, oke jawab dokternya, terus karena kemaren ke dokternya malem, jadi baru tadi sore saya ke RS buat nge rontgen Ara.
Kami berdua aja, karena my hubby tidur setelah dua malam begadang ngerjain skripsi anak bidan..

saya juga sibuk banget tiga hari ini, sampe badan kayaknya ngedrop banget, pengen pijet, pengen tidur nyenyak, lah, anak aanak bidan yang lagi skripsi, saya juga jadi begadang.. heheh nasib tukang ketik *bukan mengeluh,cuman curhat doang**

agak seru ya, di tempat radiologi
tau dong tempatnya kayak gimana, sepi bo! heheeh belum apa apa si ara udah takut , nanti di operasiii (yeeee.. ni anak, khayalan tingkat tinggi) sempat mewek dikit, tapi karena diajak ngobrol sama petugas radiologinya, jadi rada rada berani, juga, meski masih minta ditemenin saya di dalam ruangan itu, jadi deh saya pake baju, tau baju, apaaan berat banget, ternyata tuh baju supaya rahim tidak terkena radiasi, ya baiklaaah, saya sedang tidak hamil kok mbak... hehehhehe

abis difoto 2 kali, terus katanya ngambil fotonya 2 jam lagi, ya sudah , saya ajak Ara ke toko mainan dekat situ, dan beli mainan, (enggak papa deh, untuk hiburan karena dia udah hebat banget mau di rontgen)

terus karena tadi ujan, jadi baru diambil hasilnya jam 7 tadi, terus langsung ke dokternya lagi buat minta pendapat gitu, terus kata dokternya , ya bu, bronkitis, tapi masih bisa diobatin kok, asal mau berpantang dan rajin minum obat,,,

ya apa lagi?
ya sudah, Ara enggak boleh makan coklat, telur, kacang, udang (dan berbagai macam sea food) dan yang dingin dingin, dan semuaaaaaaaaaaaaaaaaaa makanan itu adalaaah kesukaaan Araaaaa...

*keluh*

bakalan berat banget ini saya sebagai Mamanya menjaga Ara tetap meminimalisasi makanan makanan ini masuk ke dalam mulutnya...

haddduuuuhh...
pulang dari dokter langsung googling : dapat beberapa tentang penyakit bronkitis pada anak ::

BRONCHITIS (INFEKSI SALURAN NAFAS) (dari milis sehat)

Penyebab banyak, tetapi yang tersering adalah alergi
(Allergic rhinitis, asthma, environmental exposures).
Bisa juga karena sinusitis, refluks, reaksi obat,
kelainan bawaan saluran napas, tersedak “benda asing”,
pneumonia (virus, jamur). Mohon diingat – pneumonia
belum tentu karena infeksi bakteri. Jadi  - belum
tentu perlu antibiotik. Biasanya ditandai dengan batuk
lama.

Tatalaksana :

v Mencari penyebab. Bila karena alergi – modifikasi
lingkungan sekitar untuk mengurangi eksposur pada anak

v Humidifikasi
v Ekstra cairan, dll

Jika anak kita dinyatakan menderita bronkitis, maka
kita harus segera berpikir bahwa -itis di sini artinya
radang – inflamasi. Penyebabnya belum tentu infeksi
bakteri - mayoritas bronkitis pada anak tidak perlu
antibiotik.
 
Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada
akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita
yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit
jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut,
bronkitis bisa bersifat serius  

mudah mudahan deh, doakan yaaa....

dan karena pekerjaan sudah mulai menurun, besok saya tetapkan untuk mulai membuat kue lebaraaannnn!!!!

hehhehhe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CAFE 339 - PEMATANGSIANTAR

Jengkol Deui..Jengkol Deui...

Dapet Hadiah..