bikin kue nastar malas (cara gue)

.. hai...
selamat sore...
kali ini saya mau posting tips tips bikin kue kering (ala saya). kalo engga percaya engga usah dibaca, heheh kalo engga suka bikin kue kering ya baca aja, sapa tau berguna... hehehhehe

basi ya, lebaran sudah lewat kok ngomongin tips bikin kue kering??

lah, kan masih ada natal, masih ada tahun baru, masih ada idul Adha.. (nge-less)

baiklah, kita mulai :
  1. pilih bahan yang masih dalam kualitas segar. karena bahan bahan yang baik kualitasnya akan mempengaruhi rasa kue kering.
  2. timbang bahan bahan sesuai dengan resep, apalagi kalo resepnya udah diuji coba sebelumnya.
  3. Sebelum mulai mengadon, usahakan, semua bahan yang diperlukan sudah tersedia di atas meja, dan dalam kondisi siap pakai.
  4. jangan membuat dua sampai tiga kali adonan kalau belum pernah mencoba resep itu sebelumnya, kalo resep sudah dicoba, dan sudah berkali kali tanpa gagal, berarti bisa tuh sekali bikin tiga sampai empat adonan sekaligus.
  5. untuk kue kering yang agak susah membentuknya, misalnya nastar, kue salju (kan ribet tuh, mesti di bentuk bentuk), sebaiknya kita cetak dulu sampai 4 loyang, baru kita panaskan oven, biar enggak kelabakan gitu, masuk 3 loyang, kita sambil nunggu tahap pertama mateng, kita udah isi loyang berikutnya.
nah, berikut dibawah ini adaah cara bikin kue nastar males cara saya.
hahahahha, begini ya, lebaran kemaren, saya bikin nastar sampe tujuh kilo sodara sodara!!!!

iya, betul. karena mertua perempuan, mertua laki-laki, Ara dan suami saya paling sukaaaaa kue lebaran adalah kue nastar (bikinan saya), makanya, meskipun enek banget, tapi saya berusaha. dan... permintaan dari mertua adalah : selainya didalam harus banyak, harus manis,
tau kan bikin kue nastar itu yang biasanya adalah :
  1. kita bulatkan kira kira 3 ons adonan, lalu pipihkan, masukkan sedikit selai (kalo banyak, adonan bakal pecah, dan selai meleleh kemana mana),
  2. Setelah itu bentuk adonan sesuai keinginan, bisa seperti bentuk daun, bisa seperti bentuk tetes air, atau ada juga yang pake cetakan kecil kecil, seperti keranjang bunga gitu, (asli ribet banget)
so, saya menemukan cara lain supaya terpenuhi keinginan mertua, (banyak selai didalam nastar)

pertama yang kita butuhkan adalah sebuah plastik untuk alas, setelah itu ambil kira kira 300 gram adonan, setelah itu bulat bulatkan supaya padat, setelah itu letakkan ditengah lembaran plastik, setelah itu plastiknya di lipat, sehingga adonan itu sekarang ada di dalam plastik, setelah itu, ratakan adonan dengan menggunakan gelas (saya pake gelas karena gak ada alat yang lain, heheheh) ratakan adonan, setelah itu, bentuk seperti diatas, dengan memotong bagian bagian yang lebihnya itu.
stelah itu, isi selai memanjang, seperti gambar. dengan begini, saya bisa mengisi kue nastar itu dengan selai yang banyak, (sesuai dengan permintaan).

setelah itu, dengan menggunakan ujung plastik, lipat adonan, seperti di gambar, sehingga selai tertutup,
setelah itu potong dengan pisau bergerigi, pelan pelan ya, biar jangan ancur.
setelah dipotong potong seperti ini, lalu pindahkan ke loyang;
untuk dihias dengan kuning telur dan taburkan gula warna warni...
nah kue kue menunggu dipanggang...
nah ini yang udah masak...

terimakasih sudah membaca!!!

Komentar

  1. wah ya ya.praktis tuh tinggal potong2 aja. hehee

    BalasHapus
  2. @mbak fanny, tapi tetep lebih praktis beli sih mbak... kantong yang ngga praktis kalo beli.. heheheh

    BalasHapus
  3. Dear.

    Istri gw sangat hobbbbyyy dengan nastar... sayangnya... dia hanya hobby makan but gak bisa bukinnya amape sekarang... semoag ntar dia bisa bikin sendiri....... kayanya mudah aja yach bikinyaaa....


    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  4. @Ayah Zahia, iya gampang, pake cara malas begini mas.. hehehhe, memang enakan bikin sendiri daripada beli, mudahmudahan nanti bunda Zahia bisa bikin sendiri... semangattt!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

Dapet Hadiah..

CAFE 339 - PEMATANGSIANTAR