kolak Sukuun

apa itu sukun??? ....

masa gak tau sih? ini saya kasih gambarnya :
maaf ya, kaki saya kepoto.
nah itu dia sukun, saya kemaren pas jogging di pasar (loh, jogging kok di pasar?) hehehehe, maksudnya waktu jalan pagi sehat sambil belanja, saya nemu buah itu dijual di pasar, tanpa ba bi bu saya langsung beli Rp.7.000,- mahal ya, tapi kalo dipikir-pikir nanem sendiri juga lebih mahal dan lama, iya kan? akhirnya saya beli. satu aja, terus sempet nginep tuh di kulkas sehari, karena saya lupa beli kelapa parut, heheheh.

baru hari ini saya masak, saya membuatnya jam 17.30 sore, karena rencananya nih kolak sukun mau dipake untuk buka puasa saya.. (hutang puasa saya 6 hari di Ramadhan kemaren, dan sekalian juga puasa di bulan Syawal, kata mertua boleh) jadi yo wis dari hari senin saya puasa, mudah mudahan sampe sabtu saya masih bisa puasa.

ternyata gampang banget ya bikin kolak sukun :
ini dia penampakan sukun setelah di telanjangi dan dibelah dua. saya suka loh bau sukun mentah, aneh ya, heheheheh... dulu di rumah Popoh saya (nenek) ada 2 pohon sukun, makanya kalo saya ke rumah nenek suka dimasakin kolak sukun.
ini setelah dipotong potong. saya juga nyiapin santan yang udah diperes di panci (kalo pake santan instan rasanya aneh banget, kekentalan, makanya saya lebih suka beli kelapa parut udah gitu saya peras sendiri)
setelah santan mendidih, masukkan potongan sukun, lalu tunggu kira kira lima menit, masukkan kira kira 200 gram gula merah.
nah setelah dimasukkan gula merah, maka penampakannya akan seperti ini :
aduk aduk, tunggu hingga sukun matang dan empuk, kasih garam setengah sendok teh.

dan TARAAAAAAA....
saya berbuka puasa dengan air putih dan kolak sukunn....

rasa sukun ini lembut, dan saya lebih suka daripada rasa ubi. empuk, kayak daging.

oya, saya kepengen makan sukun gara gara postingan mbak Ketty tentang per SUKUN - nan,

Cintailah makanan makanan tradisional Indonesia (Maspion mode.on)

hahahahha... selamat malaaamm...

Komentar

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

Dapet Hadiah..

CAFE 339 - PEMATANGSIANTAR

bikin kue nastar malas (cara gue)