Jalan-jalan ke Bahkuok..

Selamat malam.
Liburan hari minggu kemarin, dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam, saya diajak main main ke sungai Bahkuok. Agak lucu namanya ya? Kebanyakan nama nama sungai di Sumatera Utara menggunakan kata Bah di depannya, seperti sungai Bahbolon, yang melintas tepat di belakang kios saya.
Bah sendiri berarti Air.
Hehhee.. kalian pasti langsung mikir ya, ada hubungannya nama sungai dengan kebiasaan orang Batak yang menambahkan Bah di akhir kalimat? saya tidak tahu pasti. tapi memang bukan orang Batak namanya kalau tidak menambahkan Bah di setiap akhir kalimat.

back to the topic, kami pergi beramai ramai dengan menggunakan sepeda motor, saya seperti biasa berboncengan dengan suami, Ara nebeng di motor Udak-nya (sebutan untuk adik laki laki dari Bapak). kira kira kami serombongan 25 orang termasuk 5 anak anak.
tak sampai 30 menit (jalannya parah sebagian, karena maklum, ke kampung kampung), tapi terbayar setelah kami sampai di lokasi. jadi, setelah turun dari motor di tempat parkir, kami mesti jalan kaki, menurun, kira kira 15 menit, dengan medan yang lumayan berat, licin, dan masih alami banget, tangganya dari tanah, tidak ada yang bersemen, apalagi beton. bener bener alami.
waktu turunnya saya mikir, waduh, perjalanan pulang saya pasti ngos-ngosan ini, karena bakalan mendaki terus kan?? well, untuk orang se-endud saya, perjalanan ini menantang banget!! Ara sendiri dengan gagah berjalan di depan di apit dua adik laki laki my hubby, tapi pas nyebrang sungai kecil, dia minta di gendong.
kanan kiri, terlihat begitu asri, pohon besar, burung-burung, tanaman-tanaman merambat, bunga-bunga liar, hadeuh, bener bener pencerahan setelah seminggu penuh melototin monitor.
daripada ke mall, atau ke waterpark, saya dan suami memang lebih suka pergi ke tempat tempat kayak begini.
pemandangan dari atas, sebelum kami turun..
Ara di gendong melewati sungai..
Setelah... Lewati gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera, bertemu teman, bertualang... loh kok malah nyanyi lagu Ninja Hatori ya?? bukan bukan.. maksud saya, setelah turun dan melewati sungai kecil, sampailah kita ke sungai besarnya, ya itu tadi tujuan kita. pertamanya rasa shock, loh kok engga ada orang lain selain rombongan kita??? aneh, kan. tapi ngeliat air yang gemericik, haduuuh gatel pengen nyebur, saya mengabaikan keanehan yang ada. baru kali ini saya pergi ke objek wisata yang sama sekali tidak ada pengunjungnya kecuali saya. padahal.. waduuuh pemandangan yang indah, sungai yang bersih dan jernih, kok bisa ya orang malas dateng ke tempat beginian?? apa sekarang orang lebih suka ya menghabiskan hari minggu di pusat perbelanjaan, atau di warnet.
di pinggir sungai terdapat pondok pondok tempat kita duduk duduk.
setelah menaruh barang barang, satu keranjang besar berisi makanan, dan satu plastik besar kerupuk (teteeep !! ) Saya langsung nyebur ikutin Ara yang udah duluan ngelempar baju dan celananya...
ngumpulin batu, biasaaa.... kalo jalan ke taman ngumpulin daun-daun.
sepi banget, serasa sungai milik pribadi

ada arus yang deras, ada juga yang tidak, jadi anak anak aman bermain
kakiku, dan batu, dan air jernih yang mengalir...
bapak-bapak yang sedang ngumpul .. (gak usah diliat perut buncitnya ya...)
anak-anak di arus yang tidak terlalu deras....
merokok sambil minum kkopiiii.. (sekali lagi, abaikan perut buncit ya..)
main-main dengan sehelai daun panjang, batu, dan bekas bungkus makanan..
setelah puas main main air, hehehhe saya juga sempet tuh menggosok punggung suami dengan batu kali. hehhe, setelah itu di aliran yang agak deras saya juga duduk, lumayan, kayak Yakuza. Hahhahaha. inilah rekreasi murah meriah, cuman bayar uang tiket masuk plus parkir Rp.2.000,- /orang. Kami bisa menghilangkan penat, mempererat persaudaraan dan menjernihkan pikiran.

kami memakan bekal makanan yang dibawa dari rumah. kami juga sempet tuh nyari ranting-ranting kecil dan kering untuk bikin unggun, dan masak satu ceret air untuk kopi. 

saya akan kembali lagi rekreasi di Bahkuok, tentu saja dengan lebih banyak membawa makanan!


Ketika pulang, tentu saja saya paling belakang. hehehehe, ngos ngosan berat, eh dapet tips dari salah seorang saudara, kalo lagi jalan menanjak, usahakan bernafas jangan lewat mulut, tambah ngos-ngosan entar. hehehehe, tau aja dia , saya ngos ngosan. setelah sampe di parkir, lega bukan maiin...

Kenapa ya kalo kita pergi ke suatu tempat yang baru kita datangi, rasanya jauuuuh banget, tapi ketika perjalanan pulang dan melewati jalan yang sama, tidak terasa jauh.

jawabannya : karena waktu kita pergi, batu-batu, pohon-pohon, burung-burung, pada nanya : mau pergi kemana, mau pergi kemana. jadi lama deh perjalanan karena jawabin mereka satu satu. tapi perjalanan pulang terasa lebih cepat, karena batu - batu, pohon-pohon, burung - burung, udah tahu kita darimana (kan tadi udah dijawab pas perjalanan pergi)

Hahhahaha.. jawaban yang asal, jangan ditiru ya teman teman....

nah, kalian lebih milih kemana?? rekreasi di mall, atau di tempat yang alami seperti saya?

Komentar

  1. walah tadi salah baca aku pikir bangkok, tapi kok naik motor hehehe.suasananya bagus ya asri hijau

    BalasHapus
  2. Wiiih, seru sekali jalan2nya. ara kayanya fun banget, tuh :D thanks for share, aku jadi kepikiran buat ajak keluargaku main, nih. sebetulnya rencananya udah lama, tapi 'terhambat' karena bapakku masuk RS. doakan aja terwujud ya biar bisa selonjoran di sungai kaya ara, hehehe.
    btw, jawaban terakhirnya betul2 asal nampaknya, hehehehe :p

    BalasHapus
  3. Asik ya masih bersih gitu kalinya :)

    BalasHapus
  4. waow,liburan yang menyenangkan...banyak tawa disana...

    BalasHapus
  5. setuju mbak terus terang saya juga suka ketempat2 alam seperti ini,,fress nature

    BalasHapus
  6. namanya kayak di thailand..
    ternyata.. di sumut toh :)

    BalasHapus
  7. @MBak Lid : Hehehhe.. agak mirip sih ya mbak...
    @Indi : nanti kalo bapak udah sembuh, bisa tuh diajak jalan jalan, kalo pemandangannya masih alami, pasti pikiran juga jadi jernih.. ditunggu ya postingan jalan-jalannya!!
    @Mbak Una : masih bersih mbak, ayo kesini mbak..
    @Mbak atma : iya mbak, liburan murah meriah
    @Mas kahfi : iya mas, disamping alami, super hemat juga... dan tidak mengajarkan Ara sifat konsumerisme..

    @hilsya : hehehhehe..

    BalasHapus
  8. hhe batu2nya pada bisa ngobrol ya. hahhaa...seru amat acaranya

    BalasHapus
  9. @Sista : heheheheh.. ngasal banget, padahal perjalanan pergi dan pulang sama saja.

    BalasHapus
  10. seru banget mbak, waktu kecil, seminggu itu bisa 4 kali ke sungai kayak gt, abis pulang sekolah agama. :)

    BalasHapus
  11. k[a]z : iya seru banget ya, beruntung deh bisa merasakan sungai yang jernih. sekarang masih sering gak mandi di sungai???

    BalasHapus
  12. daerah mana kak? baru denger.
    seru ya...sungainya berasa milik sendiri :D

    BalasHapus
  13. wiiyyhh...seru banget masih ada yaa sungai yang sebersih ituh...
    #mikir di surabaya udah gag ada tuh sungai yang sebersih ituh... -,-'

    Nice posting mbak meilya, salam kenal.. =)

    BalasHapus
  14. @Mama Naya : daerah deket sibatu batu sana, kelurahan Bahsorma. heheh kapan kapan kalo pulang kesini minta diantar kesitu ya..

    @Niar : mungkin di Surabaya ada, tapi agak terpencil gitu ya.. hehehhe selamat berburu sungai bersih, salam kenal juga ya..

    BalasHapus
  15. kemungkinan nya sangat kuecil banget mbk nemu sungai bersih,indah, dan damai di surabaya..hahahahahah.... :)

    siep mbk meilya...

    BalasHapus
  16. asyik banget mbak, sungai berair jernih. pengen juga. saya juga lebih suka ke alam daripada ke mal. salam ya mbak.

    BalasHapus
  17. iya mbak Pu, Ara juga seneng banget, sampe dipaksa waktu mau pulang supaya naik dan ganti baju...

    BalasHapus
  18. rekreasi yang mengasikkan bisa menyegarkan jiwa menghilangkan stres terbawa udara yang sejuk dan segar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CAFE 339 - PEMATANGSIANTAR

Jengkol Deui..Jengkol Deui...

Dapet Hadiah..